SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
MI MLILIR
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Program : IV / Sekolah Dasar
Semester :
1 (Satu)
Alokasi Waktu : 32 X 30 Menit
Standar Kompetensi : 1. Memahami Dan Menggunakan Sifta-Sifat Operasi Hitungan
Bilangan Dalam Pemecahan Masalah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
|||||||||||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
||||||||||||||||
1.1
Mengidentifikasikan sifat-sifat operasi hitung
|
OPERASI HITUNG
BILANGAN
o Mengidentifikasi
Sifat-Sifat Operasi Hitung
|
o Memahami peta konsep
tentang sifat-sifat operasi hitung.
o Memahami sifat
operasi komutatif
a + b = b + a
3 + 5 = 5 + 3
8 = 8
o Melakukan tugas 1
Hlm. 2
o Melakukan tugas 2
Hlm. 3
o Mengerjakan latihan 1
Hlm.3
o Mengerjakan latihan 2
Hlm.3
o Memahami sifat
operasi asosiatif
o Menagih tugas
pertemuan sebelumnya
o Melakukan tugas 3 dan
mengerjakan latihan 3 Hlm.4
o Memahami sifat
operasi distributif
o
Mengerjakan latihan 4 Hlm.5
o
Mempelajari contoh soal dan latihan 5 Hlm.6
o
Menjumlahkan sifat penjumlahan nol (0)
o
Menghitung sifat perkalian dengan bilangan nol (0)
o
Menghitung sifat perkalian dengan bilangan nol (1)
o
Menghitung sifat bilangan satu dalam pembagian
o
Menghitung sifat pembagaian yang lainnya
|
o Melakukan operasi
hitung dengan sifat pertukaran, pengelompokan, dan penyebaran
o Menentukan hasil perkalian dengan bilangan 0 dan 1
o Menentukan hasil
pembagian dengan bilangan 0 dan 1
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
6 jp
|
Sumber:
Buku
MATEMATIKA 4A
Alat:
- Buku
|
||||||||||
1.2
Mengurutkan bilangan
|
OPERASI HITUNG
BILANGAN
o Mengurutkan Bilangan
|
o
Membaca lambang bilangan 1.001 sampai dengan 50.000
o
Mengerjakan latihan 1 s.d 19
o
Mempelajari contoh soal menuliskan nama bilangan
o
Mempelajari contoh soal menuliskan lambang bilangan
o
Mempelajari contoh dan mengerjakan latihan 4 dan 5.
Hlm. 13
o
Mempelajari nilai tempat dari :
- satuan,
- puluhan,
- ratusan ribuan,
- puluh ribuan,
- ratus ribuan
o
mempelajari contoh dan mengerjakan latihan 7 Hlm.16
o
Mempelajari contoh menuliskan lambang bilangan sesuai
dengan nilai tempatnya Hlm. 18
o
Melakukan permainan menyusun lambang bilangan
|
o Membaca dan
menuliskan lambang bilangan serta menuliskan nama bilangan
o Menulis lambang
bilangan sesuai dengan nilai tempatnya
o Mengurutkan bilangan
dengan pola teratur dan tidak teratur
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
Latihan 1 Hlm.11
Latihan 2. 3
Hlm.12
Latihan 4, 5.
Hlm. 13
Latihan 6.
Hlm. 14
Latihan 7 Hlm.16
Latihan 8, 9
Hlm.17
Latihan 10, 11
Hlm. 18
Latihan 12. Hlm.
22
|
10 jp
|
Sumber:
Buku
MATEMATIKA 4A
Alat:
-
|
|||||||||
1.3
Melakukan operasi perkalian dan pembagian
|
OPERASI HITUNG
BILANGAN
o Operasi Hitung
Perkalian dan Pembagian
|
o
Mempelajari fakta perkalian dan pembagian
o
latihan 1 s.d 23
o
contoh soal
Hlm.30
o
Mempelajari contoh hlm. 37,38
o
Mencongak
o
Mempelajari contoh hlm. 39
o
latihan pengayaan
o
Mempelajari contoh Hlm. 41
o
Mempelajari contoh hlm. 43 dan 44
o
Latihan pengayaan hlm. 44
o
pembagian tak bersisa hlm 45
o
membagi bilangan empat angka dengan bilangan satu angka
o
Mempelajari mencocokkan kebenaran hasil bagi
o
Mempelajari pembagian bilanagan tiga angka dengan dua
bilangan satu angka secara berurutan.
|
o Mengalikan bilangan
satu angka dengan bilangan dua angka dan tiga angka
o Mengalikan bilangan
10 secara berulang dan bilangan kelipatan 10
o Mengalikan Bilangan
dua angka dengan bilangan dua angka dan tiga angka
o Menghitung pembagian
dengan cara tak bersisa dan dengan sisa
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
Uraian Objektif
|
Latihan 1. Hlm.
29
Latihan 2. Hlm.
30
Latihan 4. Hlm.33
Latihan 5. Hlm.33
Latihan 6 dan 7
hlm. 37, 38
Latihan 8,9 hlm.
39 , 40
Latihan 10 hlm.
41
Latihan 13. Hlm.
45
Latihan 14. Hlm.
45
Latihan 16. Hlm.
48
Latihan 17. Hlm.
48
|
8 jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A
Alat:
-
|
|||||||||
1.4
Melakukan operasi hitung campuran
|
OPERASI HITUNG
BILANGAN
o Operasi Hitung
Campuran
|
o
Mengetahui tingkat pengerjaan hitung campuran
1.
() Tanda kurung
2.
X dan :
3.
+ dan –
o
Mempelajari contoh
o
Mengerjakan latihan 1 s.d 4
o
mempelajari contoh soal cerita
|
o Menghitung operasi
hitung campuran
|
Tugas Individu
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
Latihan 1,
2 Hlm. 54
Latihan 3
Hlm. 55
Latihan 4
Hlm.56
|
2jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A
Alat:
|
|||||||||
1.5
Melakukan penaksiran dan pembulatan
|
OPERASI HITUNG
BILANGAN
o Penaksiran dan
Pembulatan
|
o
Mempelajari contoh penaksiran dalam puluhan terdekat
42 + 47 kira-kira 40 + 50 = 90
o
Mempelajari contoh penaksiran dalam ratusan dan
ribuan terdekat terdekat
o
Mengerjakan latihan 1 s.d 7
o
Mempelajari contoh pembulatan hasil hitung dalam
puluhan terdekat
o
Mempelajari contoh pembulatan hasil hitung dalam
ratusan dan ribuan terdekat
|
o
Menghitung soal penaksiran dan pembulatan
|
Tugas Individu
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
Latihan 1
Hlm. 58
Latihan 2
Hlm. 59
Latihan 3
Hlm. 59
|
4jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A
Alat:
|
|||||||||
1.6
Memecahkan masalah yang melibatkan uang
|
OPERASI HITUNG
BILANGAN
o Uang
|
o
Mempelajari cara penulisan nilai uang rupiah
menggunakan aturan
-
Rupiah disingkat Rp.
dan diletakkan di depan nilai uang.
-
Nilai uang ditulis dengan lambang bilangan, dan
ditulis di belakang Rp tanpa ada spasi.
-
Di belakang nilai uang diberi tambahan ,00 (koma nol nol)
o
Mengerjakan latihan 1 s.d 5
o
Mempelajari contoh Hlm.66
o
Uji kompetensi Hlm. 69
|
o
Menuliskan nilai uang rupiah dan memcahkan masalah
yang melibatkan uang
|
Tugas Individu
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
Latihan 1
Hlm.63
Latihan 2
Hlm.64
Latihan 3
Hlm. 64
|
4jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A
Alat:
-
|
|||||||||
v Karakter siswa yang diharapkan
: Disiplin (
Discipline ),
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
dan Tanggung jawab ( responsibility )
|
Alokasi Waktu :
16 X 30 Menit
Standar
Kompetensi : 2. Memahami Dan
Menggunakan Faktor Dan Kelipatan Dalam Pemecahan Masalah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||||||||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||||||||
2.1 Mendeskripsikan
konsep faktor dan kelipatan
|
Kelipatan dan
Faktor
o Kelipatan suatu
bilagan
o Faktor suatu bilangan
|
o
Mempelajari kelipatan suatu bilanagan yang merupakan
hasil perkalian suatu bilangan dengan bilangan asli
o
Mempelajari faktor suatu bilangan-bilangan yang
merupakan bagian dari hasil perkalian
1 x 12 = 12
2 x 6
= 12
3 x 4
= 12
maka faktor bilangan 12 adalah 1, 2, 3, 4,
6 dan 12
o
Latihan mencari faktor bilangan
|
o Mencari kelipatan dan
faktor suatu bilangan
|
Tugas Individu
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
Latihan dari guru
|
2 jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A
|
||||||
2.2 Menentukan kelipatan
dan faktor bilangan
|
Menentukan
kelipatan dan Faktor Bilangan
o
Menentukan kelipatan suatu bilangan
o
Kelipatan persekutuan dua bilangan
o
Menentukan faktor suatu bilangan
o
Faktor persekutuan dua bilangan
o
Faktor prima berfaktor dua bilangan
|
o
Mempelajari contoh menentukan kelipatan suatu
bilangan
o
Mempelajari contoh menentukan bilangan yang lain
dengan menambahkan atau mengurangkan dengan selisih bilangan itu
o
Mempelajari contoh menentukan kelipatan persekutuan
dari dua bilangan yang lain dengan menambahkan atau mengurangkan dengan
selisih bilangan itu
o
Mempelajari cara menentukan faktor suatu bilangan
o
Melakukan kegiatan hlm. 77
o
Mempelajari ciri-ciri dari bilangan yang habis dibagi
2, 3, 4, 5
o
Mempelajari mencari faktor persekutuan dua bilangan
o
Mempelajari contoh mengenal bilangan prima dan
saringan eratosthemes
o
Membuat saringan eratosthemes
o
Mencari faktor
prima suatu bilangan
24 = 2 x 2 x 2 x
3 = 22 x 3
|
o Menentukan kelipatan
suatu suatu bilangan dan kelipatan persekutuan dari dua bilangan
o Mengenal ciri-ciri
bilangan yang habis di bagi 2, 3, 4, dan 5
o Menentukan faktor
dari suatu Bilangan
o Mengenal bilangan
prima dan saringan Eratosthenes serta mencari faktor prima suatu bilangan
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
kegiatan
hlm. 77
Latihan 1, 2 Hlm. 72
Latihan 3
Hlm. 73
Latihan 4, 5
Hlm. 74
Latihan 6
Hlm. 75
Latihan 7
Hlm. 76
Latihan 8.
Hlm. 77
Latihan 9.
Hlm. 78
Latihan 10. Hlm.
78
Latihan 11. 12
Hlm. 78
Latihan 18 Hlm.
82
Latihan 19.
Hlm.83
|
6 jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A
Alat:
- Kartu bilangan 0 sampai 10
|
||||||
2.3 Menentukan kelipatan
persekutuan terkecil (KPK) san faktor persekutuan terbesar (FPB)
|
KPK dan FPB
|
o
Mempelajari contoh Hlm. 88
o
Bilangan kelipatan 3 adalah
3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 27, . .
o
Mengerjakan latihan 1 s.d 5
o
Mempelajari cara mencari faktor persekutuan
terbesar dari dua bilangan
o
Mempelajari cara menentukan KPK dan FPB dengan
menggunakan faktor prima
|
o
Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan
faktor persekutuan terbesar (FPB) dari dua bilangan
o
Menentukan KPK dan FPB dari dua bilangan dengan
menggunakan metoda faktor prima
|
Tugas Individu
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
Latihan 1
Hlm. 88
Latihan 2
Hlm. 89
Latihan 3
Hlm. 90
Latihan 4
Hlm. 90
Latihan 5.
Hlm. 91
|
4 jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A
Alat:
-
|
||||||
2.4 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan KPK dan FPB
|
Menyelesaikan Masalah Menggunakan KPK dan
FPB
o
Menggunakan FPB atau KPK dalam perhitungan pecahan
o
Menyelesaikan soal cerita
|
o
Mempelajari cara menyederhanakan pecahan dengan
membagi pembilang dan penyebut pecahan itu dengan bilangan yang sama, sampai
tidak dapat dibagi lagi
o
Mengerjakan latihan 1 s.d 6
o
Memepelajari langkah-langkah penjumlahan dan
pengurangan pecahan yang tidak sejenis
o
Melakukan permainan angka
o
Uji kompetensi Bab 2. Hlm. 98
|
o Menggunakan FPB dalam
menyederhanakan pecahan
o Menggunakan KPK untuk
menyamakan penyebut pecahan
|
Tugas Individu
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
Latihan 1.
Hlm. 92
Latihan 2.
Hlm. 92
Latihan 3.
Hlm. 94
|
4 jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A
Alat:
-
|
||||||
v Karakter siswa yang diharapkan
: Disiplin (
Discipline ),
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
dan Tanggung jawab ( responsibility )
|
Alokasi Waktu :
18 X 30 Menit
Standar
Kompetensi : 3. Memahami Dan
Menggunakan Faktor Dan Kelipatan Dalam Pemecahan Masalah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
|||||||||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||||||||
3.1
Menentukan besar sudut dengan satuan tidak
|
Menentukan besar
sudut
o
Mengenal sudut (101)
o
Mengukur sudut (102)
o
Mengidentifikasi sudut siku-siku bangun datar (109)
o
Sudut pada arah mata angin (111)
|
o
Mempelajari nama sudut yang dibentuk
o
Mengerjakan latihan 1 s.d 9
o
Melakukan kegiatan Hlm. 102
o
Mampu membedakan 3 macam sudut
-
Sudut siku-siku,
- Sudut lancip
- Sudut tumpul
o
Melakukan identifikasi mengenai sudut siku-siku pada
bangun datar
o
Mengenal sudut siku-siku pada arah mata angin
o
Mengunakan arah mata angin dengan kompas
o
Melakukan
permainan ilusi sudut Hlm.116
|
o Mengukur besar sudut
dengan satuan tidak
o Menentukan besar
sudut satu putaran, setengah putaran dan seperempat putaran
o Mengenal sudut
siku-siku pada arah mata angin
o Menggunakan empat
arah mata angin
|
Tugas Individu
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
Kegiatan Hlm. 102
Permainan ilusi
sudut Hlm.116
Latihan1
Hlm.101
Latihan2
Hlm.104
Latihan3. Hlm.106
Latihan4. Hlm.107
Latihan7
Hlm. 110
Latihan8
Hlm. 112
Latihan9
Hlm. 114
|
4 jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A
Alat:
-
|
|||||||
3.2
Menentukan hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan
panjang, dan antarsatuan berat.
|
Kesetaraan
hubungan antarsatuan
o
Waktu
o
Panjang
o
Berat
o
Ukuran satuan kuantitas
|
o
Mempelajari contoh hubungan hari, minggu, bulan,
tahun, windu dan abad
o
Mengerjakan latihan 1 s.d 21
o
Membaca, menulis dan menggambar jam
o
Mempelajari contoh soal Hlm. 122
o
Mempelajari satuan panjang tidak
o
Mempelajari contoh Hlm.124
o
Mempelajari contoh perhitungan pada satuan ukuran
panajang Hlm. 126
o
Mempelajari satuan berat
o
Mempelajari satuan ukuran kuantitas
|
o Menyebutkan hubungan
hari, minggu, bulan, tahun, dan abad
o Menyebutkan hubungan
antarsatuan panjang dan antarsatuan berat
o Menghitung satuan
ukuran panjang dan satuan berat
o Mengenal dan
menghitung satuan ukuran kuantitas
|
Tugas Individu
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
Latihan1 , 2
Hlm. 118
Latihan4 , 5
Hlm. 120
Latihan6 , 7
Hlm. 121
Latihan8
Hlm. 122
Latihan 3
Hlm. 119
Latihan 9 , 10
Hlm. 125
|
6 jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A
Alat:
- Meteran
|
|||||||
3.3
Menyelesaikan masalah yang ebrkaitan dengan satuan
waktu, panjang dan berat
|
Pemecahan Masalah
Panjang, Berat, dan Waktu
|
o
Mempelajari contoh soal yang berkaitan dengan panjang
Hlm.136
o
Kegiatan yang berkaitan dengan panjang
o
Mempelajari contoh soal yang berkaitan dengan berat
Hlm.138
|
o
Menghitung panjang, berat, dan waktu dalam soal
cerita.
|
Tugas Individu
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
Latihan 1
Hlm. 136
Latihan 2
Hlm. 138
|
4 jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A
Alat:
- Tali
|
|||||||
3.4
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan
kuantitas
|
Pemecahan masalah
kuantitas
|
o
Mempelajari contoh soal cerita Hlm. 142
o
Melakukan kegiatan asah otak Hlm. 143
o
Menjawab kuis anak cerdas. Hlm.143
|
o
Menghitung satuan kuantitas dalam soal cerita.
|
Tugas Individu
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
Latihan 1.
Hlm.142
|
4 jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A
Alat:
-
|
|||||||
Alokasi Waktu :
20 X 30 Menit
Standar
Kompetensi : 4. Memahami Daur
Hidup Beragam Jenis Makhluk Hidup
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1
Menentukan keliling dan luas jajargenjang dan
segitiga
|
Keliling dan luas
segitiga
|
o
Menemukan rumus keliling jajargenjang
Keliling jajargenjang = penjumlahan
panjang semua sisi jajargenjang
o
Menemukan rumus keliling segitiga
Keliling segitiga = penjumlahan panjang
ketiga sisi segitiga
o
Menemukan rumus luas segitiga
Luas segitiga = ½ x panjjang x lebar
o
Mempelajari misterius dari batang korek api. Hlm. 156
|
o Menemukan rumus
keliling dan luas jajargenjang
o Menemukan rumus
keliling dan luas segitiga
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Laporan dan unjuk kerja
Uraian Objektif
|
|
8 jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A
Alat:
-
|
4.2
Menyelesaikan masalah yang berkaiatan dengan keliling
dan luas jajargenjang dan segitiga
|
Pemecahan Masalah
Keliling dan Luas
|
o
Mempelajari contoh soal mencari keliling dan luas
jajargenjang
o
Mempelajari contoh soal mencari keliling dan
luassegitiga
o
Mengerjakan uji kompetensi Bab 4. Hlm.160
o
Mengerjakan latihan soal akhir semester Hlm. 161
|
o Menghitung keliling
dan luas jajargenjang
o Menghitung keliling
dan luas segitiga
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Laporan dan unjuk kerja
Uraian Objektif
|
|
8 jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A
Alat:
-
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Disiplin (
Discipline ),
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
dan Tanggung jawab ( responsibility )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SD/MI ....
Musarofah,
S.Pd.I
NIP.
198111292005012002
|
|
........, ................................. 20......
Guru Mapel
Matematika
Musarofah, S.Pd.I
NIP. 198111292005012002
|