RPP


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : MI MLILIR

Mata Pelajaran                   : Matematika

Kelas/Program          : IV / Sekolah Dasar

Semester                                : 1 (Satu)

Alokasi Waktu                     : 32 X 30 Menit
Standar Kompetensi           : 1. Memahami Dan Menggunakan Sifta-Sifat Operasi Hitungan Bilangan Dalam Pemecahan Masalah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen

1.1     Mengidentifikasikan sifat-sifat operasi hitung





OPERASI HITUNG BILANGAN

o  Mengidentifikasi Sifat-Sifat Operasi Hitung



o Memahami peta konsep tentang sifat-sifat operasi hitung.
o Memahami sifat operasi komutatif
a + b = b + a
3 + 5 = 5 + 3
    8    =   8
o Melakukan tugas 1 Hlm. 2
o Melakukan tugas 2 Hlm. 3
o Mengerjakan latihan 1 Hlm.3
o Mengerjakan latihan 2 Hlm.3
o Memahami sifat operasi asosiatif
o Menagih tugas pertemuan sebelumnya
o Melakukan tugas 3 dan mengerjakan latihan 3 Hlm.4
o Memahami sifat operasi distributif

o Mengerjakan latihan 4 Hlm.5
o Mempelajari contoh soal dan latihan 5 Hlm.6
o Menjumlahkan sifat penjumlahan nol (0)
o Menghitung sifat perkalian dengan bilangan nol (0)
o Menghitung sifat perkalian dengan bilangan nol (1)
o Menghitung sifat bilangan satu dalam pembagian
o Menghitung sifat pembagaian yang lainnya


o  Melakukan operasi hitung dengan sifat pertukaran, pengelompokan, dan penyebaran

o  Menentukan hasil  perkalian dengan bilangan 0 dan 1

o  Menentukan hasil pembagian dengan bilangan 0 dan 1


Tugas Individu
dan Kelompok




Laporan buku pekerjaan rumah







6 jp

Sumber:
Buku
MATEMATIKA 4A

Alat:
-  Buku


1.2     Mengurutkan bilangan



OPERASI HITUNG BILANGAN

o Mengurutkan Bilangan


o  Membaca lambang bilangan 1.001 sampai dengan 50.000
o  Mengerjakan latihan 1 s.d 19
o  Mempelajari contoh soal menuliskan nama bilangan
o  Mempelajari contoh soal menuliskan lambang bilangan
o  Mempelajari contoh dan mengerjakan latihan 4 dan 5. Hlm. 13
o  Mempelajari nilai tempat dari :
-   satuan,
-   puluhan,
-   ratusan ribuan,
-   puluh ribuan,
-   ratus ribuan
o  mempelajari contoh dan mengerjakan latihan 7 Hlm.16
o  Mempelajari contoh menuliskan lambang bilangan sesuai dengan nilai tempatnya Hlm. 18
o  Melakukan permainan menyusun lambang bilangan

o  Membaca dan menuliskan lambang bilangan serta menuliskan nama bilangan

o  Menulis lambang bilangan sesuai dengan nilai tempatnya



o  Mengurutkan bilangan dengan pola teratur dan tidak teratur




Tugas Individu dan Kelompok




Laporan buku pekerjaan rumah




Latihan 1 Hlm.11
Latihan 2. 3 Hlm.12
Latihan 4, 5. Hlm. 13
Latihan 6.
Hlm. 14
Latihan 7 Hlm.16
Latihan 8, 9 Hlm.17
Latihan 10, 11 Hlm. 18
Latihan 12. Hlm. 22


10 jp

Sumber:
Buku
MATEMATIKA 4A

 

Alat:
-  



si hitung pembagian yang lain ( bilangan nol dan satu
lompokkan,


1.3     Melakukan operasi perkalian dan pembagian


OPERASI HITUNG BILANGAN

o Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian


o  Mempelajari fakta perkalian dan pembagian
o  latihan 1 s.d 23
o  contoh  soal Hlm.30
 

       

92
7

x
644


o  Mempelajari contoh hlm. 37,38
o  Mencongak
o  Mempelajari contoh hlm. 39
o  latihan pengayaan
o  Mempelajari contoh Hlm. 41
o  Mempelajari contoh hlm. 43 dan 44
o  Latihan pengayaan hlm. 44
o  pembagian tak bersisa hlm 45
o  membagi bilangan empat angka  dengan bilangan satu angka
        
o  Mempelajari mencocokkan kebenaran hasil bagi
o  Mempelajari pembagian bilanagan tiga angka dengan dua bilangan satu angka secara berurutan.  

o  Mengalikan bilangan satu angka dengan bilangan dua angka dan tiga angka

o  Mengalikan bilangan 10 secara berulang dan bilangan kelipatan 10


o  Mengalikan Bilangan dua angka dengan bilangan dua angka dan tiga angka

o  Menghitung pembagian dengan cara tak bersisa dan dengan sisa



Tugas Individu dan Kelompok








Laporan buku pekerjaan rumah

Uraian Objektif




Latihan 1. Hlm. 29

Latihan 2. Hlm. 30

Latihan 4. Hlm.33

Latihan 5. Hlm.33

Latihan 6 dan 7 hlm. 37, 38

Latihan 8,9 hlm. 39 , 40

Latihan 10 hlm. 41

Latihan 13. Hlm. 45

Latihan 14. Hlm. 45

Latihan 16. Hlm. 48

Latihan 17. Hlm. 48

8 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A



Alat:
-   

1.4     Melakukan operasi hitung campuran



OPERASI HITUNG BILANGAN

o Operasi Hitung Campuran



o  Mengetahui tingkat pengerjaan hitung campuran
1.        () Tanda kurung
2.        X dan :
3.        + dan –
o   Mempelajari contoh
o   Mengerjakan latihan 1 s.d 4
o   mempelajari contoh soal cerita

o  Menghitung operasi hitung campuran


Tugas Individu



Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan 1,  d 4
 soal n uk mengerjakan latihan di rumah
m ku hitung campuran
2 Hlm. 54

Latihan 3
Hlm. 55

Latihan 4
Hlm.56


2jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A
Alat:



1.5     Melakukan penaksiran dan pembulatan


OPERASI HITUNG BILANGAN
o Penaksiran dan Pembulatan


o   Mempelajari contoh penaksiran dalam puluhan terdekat
42 + 47 kira-kira 40 + 50 = 90
o   Mempelajari contoh penaksiran dalam ratusan dan ribuan terdekat terdekat
o   Mengerjakan latihan 1 s.d 7
o   Mempelajari contoh pembulatan hasil hitung dalam puluhan terdekat
o   Mempelajari contoh pembulatan hasil hitung dalam ratusan dan ribuan terdekat

o  Menghitung soal penaksiran dan pembulatan


Tugas Individu



Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan 1
Hlm. 58

Latihan 2
Hlm. 59

Latihan 3
Hlm. 59


4jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A

Alat:


1.6     Memecahkan masalah yang melibatkan uang


OPERASI HITUNG BILANGAN
o Uang


o   Mempelajari cara penulisan nilai uang rupiah menggunakan aturan baku
-   Rupiah disingkat Rp. dan diletakkan di depan nilai uang.
-   Nilai uang ditulis dengan lambang bilangan, dan ditulis di belakang Rp tanpa ada spasi.

-   Di belakang nilai uang diberi tambahan ,00 (koma nol nol)

o   Mengerjakan latihan 1 s.d 5
o   Mempelajari contoh Hlm.66
o   Uji kompetensi Hlm. 69


o  Menuliskan nilai uang rupiah dan memcahkan masalah yang melibatkan uang


Tugas Individu



Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan 1
Hlm.63

Latihan 2
Hlm.64

Latihan 3
Hlm. 64



4jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A



Alat:
-   

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )
dan  Tanggung jawab ( responsibility )

Alokasi Waktu                    : 16 X 30 Menit
Standar Kompetensi          : 2. Memahami Dan Menggunakan Faktor Dan Kelipatan Dalam Pemecahan Masalah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1 Mendeskripsikan konsep faktor dan kelipatan



Kelipatan dan Faktor
o  Kelipatan suatu bilagan
o  Faktor suatu bilangan


o  Mempelajari kelipatan suatu bilanagan yang merupakan hasil perkalian suatu bilangan dengan bilangan asli
o  Mempelajari faktor suatu bilangan-bilangan yang merupakan bagian dari hasil perkalian
1 x 12 = 12
2 x 6  = 12
3 x 4  = 12                   
maka faktor bilangan 12 adalah 1, 2, 3, 4, 6 dan 12
o  Latihan mencari faktor bilangan


o  Mencari kelipatan dan faktor suatu bilangan


Tugas Individu



Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan dari guru



2 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A


2.2 Menentukan kelipatan dan faktor bilangan


Menentukan kelipatan dan Faktor Bilangan
o  Menentukan kelipatan suatu bilangan
o  Kelipatan persekutuan dua bilangan
o  Menentukan faktor suatu bilangan
o  Faktor persekutuan dua bilangan
o  Faktor prima berfaktor dua bilangan



o  Mempelajari contoh menentukan kelipatan suatu bilangan

o  Mempelajari contoh menentukan bilangan yang lain dengan menambahkan atau mengurangkan dengan selisih bilangan itu



o  Mempelajari contoh menentukan kelipatan persekutuan dari dua bilangan yang lain dengan menambahkan atau mengurangkan dengan selisih bilangan itu

o  Mempelajari cara menentukan faktor suatu bilangan

o  Melakukan kegiatan hlm. 77

o  Mempelajari ciri-ciri dari bilangan yang habis dibagi 2, 3, 4, 5

o  Mempelajari mencari faktor persekutuan dua bilangan
o  Mempelajari contoh mengenal bilangan prima dan saringan eratosthemes
o  Membuat saringan eratosthemes

o  Mencari  faktor prima suatu bilangan
                                                    
24 = 2 x 2 x 2 x 3 = 22 x 3

o  Menentukan kelipatan suatu suatu bilangan dan kelipatan persekutuan dari dua bilangan

o  Mengenal ciri-ciri bilangan yang habis di bagi 2, 3, 4, dan 5


o  Menentukan faktor dari suatu Bilangan

o  Mengenal bilangan prima dan saringan Eratosthenes serta mencari faktor prima suatu bilangan

Tugas Individu dan Kelompok




Laporan buku pekerjaan rumah


kegiatan
hlm. 77

Latihan 1, 2  Hlm. 72

Latihan 3
Hlm. 73

Latihan 4, 5
Hlm. 74

Latihan 6
Hlm. 75

Latihan 7
Hlm. 76

Latihan 8.
Hlm. 77

Latihan 9.
Hlm. 78

Latihan 10. Hlm. 78

Latihan 11. 12 Hlm. 78

Latihan 18 Hlm. 82

Latihan 19. Hlm.83



6 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A



Alat:
-  Kartu bilangan 0 sampai 10


2.3     Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) san faktor persekutuan terbesar (FPB)



KPK dan FPB


o  Mempelajari contoh Hlm. 88
o  Bilangan kelipatan 3 adalah
3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 27, . .
o  Mengerjakan latihan 1 s.d 5
o  Mempelajari cara mencari faktor persekutuan terbesar  dari dua bilangan
12

18
1 x 12
2 x 6
3 x 4

1 x 18
2 x 9
3 x 6
o  Mempelajari cara menentukan KPK dan FPB dengan menggunakan faktor prima


o  Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) dari dua bilangan

o  Menentukan KPK dan FPB dari dua bilangan dengan menggunakan metoda faktor prima


Tugas Individu




Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan 1
Hlm. 88

Latihan 2
Hlm. 89

Latihan 3
Hlm. 90

Latihan 4
Hlm. 90

Latihan 5.
Hlm. 91


4 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A




Alat:
-   


2.4     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB


Menyelesaikan Masalah Menggunakan KPK dan FPB
o  Menggunakan FPB atau KPK dalam perhitungan pecahan
o  Menyelesaikan soal cerita


o  Mempelajari cara menyederhanakan pecahan dengan membagi pembilang dan penyebut pecahan itu dengan bilangan yang sama, sampai tidak dapat dibagi lagi
o  Mengerjakan latihan 1 s.d 6
o  Memepelajari langkah-langkah penjumlahan dan pengurangan pecahan yang tidak sejenis
o  Melakukan permainan angka
o  Uji kompetensi Bab 2. Hlm. 98


o  Menggunakan FPB dalam menyederhanakan pecahan

o  Menggunakan KPK untuk menyamakan penyebut pecahan


Tugas Individu




Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan 1.
Hlm. 92

Latihan 2.
Hlm. 92

Latihan 3.
Hlm. 94



4 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A




Alat:
-   
v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )
dan  Tanggung jawab ( responsibility )

Alokasi Waktu                    : 18 X 30 Menit
Standar Kompetensi          : 3. Memahami Dan Menggunakan Faktor Dan Kelipatan Dalam Pemecahan Masalah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.1     Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat



Menentukan besar sudut
o  Mengenal sudut (101)
o  Mengukur sudut (102)
o  Mengidentifikasi sudut siku-siku bangun datar (109)
o  Sudut pada arah mata angin (111)


o  Mempelajari nama sudut yang dibentuk
o  Mengerjakan latihan 1 s.d 9
o  Melakukan kegiatan Hlm. 102
o  Mampu membedakan 3 macam sudut

-   Sudut siku-siku,
-   Sudut lancip
-   Sudut tumpul
o  Melakukan identifikasi mengenai sudut siku-siku pada bangun datar
o  Mengenal sudut siku-siku pada arah mata angin
o  Mengunakan arah mata angin dengan kompas
 







o  Melakukan  permainan ilusi sudut Hlm.116

o  Mengukur besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan baku

o  Menentukan besar sudut satu putaran, setengah putaran dan seperempat putaran

o  Mengenal sudut siku-siku pada arah mata angin

o  Menggunakan empat arah mata angin



Tugas Individu




Laporan buku pekerjaan rumah


Kegiatan Hlm. 102

Permainan ilusi sudut Hlm.116

Latihan1
Hlm.101

Latihan2
Hlm.104

Latihan3. Hlm.106

Latihan4. Hlm.107

Latihan7
Hlm. 110

Latihan8
Hlm. 112

Latihan9
Hlm. 114

4 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A



Alat:
-



3.2     Menentukan hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat.



Kesetaraan hubungan antarsatuan
o  Waktu
o  Panjang
o  Berat
o  Ukuran satuan kuantitas


o  Mempelajari contoh hubungan hari, minggu, bulan, tahun, windu dan abad
o  Mengerjakan latihan 1 s.d 21
o  Membaca, menulis dan menggambar jam
o  Mempelajari contoh soal Hlm. 122
o  Mempelajari satuan panjang tidak baku dan baku
o  Mempelajari contoh Hlm.124
o  Mempelajari contoh perhitungan pada satuan ukuran panajang Hlm. 126
o  Mempelajari satuan berat
o  Mempelajari satuan ukuran kuantitas

o  Menyebutkan hubungan hari, minggu, bulan, tahun, dan abad

o  Menyebutkan hubungan antarsatuan panjang dan antarsatuan berat

o  Menghitung satuan ukuran panjang dan satuan berat

o  Mengenal dan menghitung satuan ukuran kuantitas

Tugas Individu




Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan1 , 2
Hlm. 118
Latihan4 , 5
Hlm. 120
Latihan6 , 7
Hlm. 121

Latihan8
Hlm. 122
Latihan 3
Hlm. 119

Latihan 9 , 10
Hlm. 125


6 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A



Alat:
-  Meteran


3.3     Menyelesaikan masalah yang ebrkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat


Pemecahan Masalah Panjang, Berat, dan Waktu


o  Mempelajari contoh soal yang berkaitan dengan panjang Hlm.136
o  Kegiatan yang berkaitan dengan panjang
o  Mempelajari contoh soal yang berkaitan dengan berat Hlm.138

o  Menghitung panjang, berat, dan waktu dalam soal cerita.


Tugas Individu




Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan 1
Hlm. 136

Latihan 2 
Hlm. 138



4 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A


Alat:
-  Tali

3.4     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas


Pemecahan masalah kuantitas


o  Mempelajari contoh soal cerita Hlm. 142
o  Melakukan kegiatan asah otak Hlm. 143
o  Menjawab kuis anak cerdas. Hlm.143


o  Menghitung satuan kuantitas dalam soal cerita.


Tugas Individu




Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan 1.
Hlm.142

4 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A

Alat:
-   


Alokasi Waktu                    : 20 X 30 Menit
Standar Kompetensi          : 4. Memahami Daur Hidup Beragam Jenis Makhluk Hidup

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

4.1     Menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga



Keliling dan luas segitiga





o  Menemukan rumus keliling jajargenjang
Keliling jajargenjang = penjumlahan panjang semua sisi jajargenjang

o  Menemukan rumus keliling segitiga
Keliling segitiga = penjumlahan panjang ketiga sisi segitiga

o  Menemukan rumus luas segitiga
Luas segitiga = ½ x panjjang x lebar

o  Mempelajari misterius dari batang korek api. Hlm. 156


o  Menemukan rumus keliling dan luas jajargenjang

o  Menemukan rumus keliling dan luas segitiga


Tugas Individu dan Kelompok




Laporan dan unjuk kerja


Uraian Objektif





8 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A



Alat:
-   



4.2     Menyelesaikan masalah yang berkaiatan dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga


Pemecahan Masalah Keliling dan Luas


o  Mempelajari contoh soal mencari keliling dan luas jajargenjang
o  Mempelajari contoh soal mencari keliling dan luassegitiga
o  Mengerjakan uji kompetensi Bab 4. Hlm.160
o  Mengerjakan latihan soal akhir semester Hlm. 161


o  Menghitung keliling dan luas jajargenjang

o  Menghitung keliling dan luas segitiga


Tugas Individu dan Kelompok




Laporan dan unjuk kerja

Uraian Objektif






8 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 4A



Alat:
-   


v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )
dan  Tanggung jawab ( responsibility )


Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....





Musarofah, S.Pd.I
NIP. 198111292005012002

........,  .................................  20......
Guru Mapel Matematika





Musarofah, S.Pd.I
       NIP. 198111292005012002